PENGERTIAN MEDIA PENYIMPANAN, TIPE , KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN JUGA PRATIKUM CRONTTAB, TAR DAN CPIO DI LINUX

A. Soal Pretess
1.Apa saja step-step untuk membuat manual user ?
Jawab : 
  1. masuk ke super user, masukkan password kita lalu entar
  2. masukkan perintah vi /etc/group, lalu tekan enter
  3. lalu scroll paling bawah , kemudian di keybord copypast dengan perintah yy-p lalu entar , kemudian masuk menu edit dengan menekan tombol i pada keybord lalu edit , kemudian simpan dengan perintah :wq.
  4. lalu ketik perintah berikutnya yaitu vi /etc/passwd untuk merubah password pada user 
  5. kemudian scroll paling bawah, lakukan yy-p kembali kemudian enter lalu edit kembali, masukan nama user yang anda inginkan. edit lalu simpan dengan perintah :x!
  6. lalu ketik perintah vi /etc/shadow untuk mengganti password baru. 
  7. sama seperti sebelumnya scroll kebawah ketik yy-p lalu enter , masuk menu insert lalu hapus huruf dan angka tak beraturan dari : sampai : , hati hati dalam penghapusan. kemudian simpan
  8. kemudian kita masuk tahapan membuat directory dengan perintah mkdir nama yang anda inginkan lalu enter. kemudian ketik perintah ls -l /home/ untuk melihat user kita.
  9. terlihat ada tulisan root oleh karena itu kita harus menggantinya terlebih dahulu, dengan perintah chown nama user -Rf /home /nama user lalu kita enter dan ls -l /home/ 
  10. kemudian kita ganti root group satunya lagi dengan perintah chgrp nama group tadi -Rf /home /nama user lalu enter dan periksa dengan ls -l /home/
  11. kemudian masukan perintah reboot untuk restart
  12. akan tampil nama user yang telah kita buat, lalu masukkan kata sandi sebelumnya
  13. lalu pada menu utama kita akan melihat directory yang telah kita buat
2.Apa yang anda ketahui tentang Backup dan Restore !
Jawab : 
Backup dan recovery merupakan kata yang saling berkaitan. Backup berarti kita membuat cadangan dari data yang sudah ada untuk disimpan dalam bentuk yg lain atau sama. Recovery, adalah merubah bentuk dari cadangan untuk dikembalikan menjadi data yang semula sudah ada.

3.Sebutkan 2 utilitas pada backup dan restore, serta jelaskan ?
Jawab : 
1.  TAR
   TAR adalah layanan RAR (sebua format arsip file yang dikompres). Akan tetapi, TAR ini dipakai di linux/unix. Rumit, tapi mudah jika dipelajari.
Syntax :
             #tar [opsi] [nama file] [folder / file yang akan dikompres]
 Contoh :
     
           #tar cut /home/OS08/PLJH
kemudian untuk melihat isi direktori, dapat dengan tvr.
          #tar tvf/home/OS08/PLJH 

Format penulisan pada TAR :
tar-cvf  /home/OS08/documents/backup/backuppljh.tar  /home/OS08/desktop/pljh/ 
ket :
/home/OS08/documents/backup/backuppljh.tar = tujuan backup  
- /home/OS08/desktop/pljh/   = lokasi backup

TAR terbagi menjadi 2 yaitu :
- tar -xvf  /home/OS08/documents/backup/backuppljh.tar = untuk restore
- tar -tvf  /home/OS08/documents/backup/backuppljh.tar = untuk backup

2.  CPIO
     CPIO baru dapat bekerja jika program tersebut menerima input daftar nama file yang akan di backup. Itulah sebabnya kita gunakan perintah Find. Sama seperti TAR, CPIO menyertakan slash( / ) setelah nama dokumen. 
Syntax :                                                                         < : restore
            cpio -it < namafile                                            > : backup 

 Format penulisan CPIO :
Jika sudah berada di lokasi filenya :
 find pljh/ -print cpio -o > /home/OS08/dekstop/backuppljh.cpio  

Perbedaan TAR dan CPIO : 
TAR  =  tujuan dulu  lalu lokasi.
CPIO = lokasi dulu lalu tujuan.

4.Apa yang anda ketahui tentang utillity cron ?
Jawab : 
Penjadwalan (Crontab)
      Crontab adalah sebuah perintah yang sangat berguna untuk menjalankan tugas-tugas yang terjadwal, sehingga akan mengurangi waktu administrasi. Selain crontab, ada juga perintah lain: anacron dan atAnacron digunakan untuk melakukan penjadwalan suatu perintah untuk komputer yang tidak selalu menyala terus menerus. Anacron menggunakan interval waktu harian, mingguan, dan bulanan. Sedangkan perintah at menjalankan suatu tugas sekali pada satu waktu. Yang paling sering digunakan adalah crontab, karena lebih serba guna, dan dapat diatur untuk berjalan pada sembarang interval waktu. 
    Dalam melakukan administrasi sistem, pengaturan cron dilakukan melalui file crontab, yang berisi jadwal waktu dan script yang harus dieksekusi. System Linux memiliki file crontab default, yaitu /etc/crontab, yang akan menjalankan beberapa script pada waktu yang telah ditentukan, misalnya setiap jam, harian, mingguan, dan bulanan. Pertama kali membuka file ini, anda mungkin akan sedikit bingung.
Terdapat dua buah file yang menentukan user mana yang bisa menggunakan crontab: /etc/cron.allow dan /etc/cron.deny. Biasanya, hanya ada file cron.deny pada sistem, dan jika file ini ada, dan terdapat nama user di dalamnya (satu user per baris), maka user tersebut tidak diperbolehkan menggunakan perintah crontab. Jika terdapat file cron.allow, maka hanya user yang namanya terdapat pada file ini yang diperbolehkan menggunakan perintah crontab.
Pada file crontab, terdapat enam field untuk setiap entry, dan masing-masing field dipisahkan oleh spasi atau tab.
    • Lima field pertama menentukan kapan perintah akan dijalankan.
    • Field ke-enam adalah perintah yang akan dijalankan.
 Minute - 0-59.
 Hour - 0-23 24-hour format.
 Day - 1-31 Day of the month.
 Month - 1-12 Month of the year.
 Weekday - 0-6 Day of the week. 0 refers to Sunday.
Pada file crontab, akan tampak seperti ini:
# min(0-59) hours(0-23) day(1-31) month(1-12) dow(0-6) command
 34 2 * * * sh /root/backup.sh
Pada contoh tersebut, perintah “sh /root/backup.sh” akan dijalankan pada jam 2:34 AM setiap hari.
Tanda bintang pada contoh tersebut berarti ‘semua waktu‘. Tanda bintang pada kolom ‘menit’ berarti “jalankan setiap menit”.

Syntax :
      #export EDITOR = Nano

    Jika ingin melakukan perintah secara terjadwal dapat dilakukan dengan perintah crontab :
crontab -e : membuka file crontab yang sudah ada atau membuat file baru.
crontab -l  : menampilkan isi file crontab.
crontab -r : menghapus file crontab.
crontab -u : mengedit crontab milik user

Beberapa tips dalam menggunakan cron:

    • Selalu gunakan path absolut.
    • Jika anda tidak yakin apakah tugas-tugas cron telah selesai, periksalah email anda.
    • Hapus entry cron yang sudah tidak diperlukan lagi.
    • Pastikan crond berjalan.
B. Materi Penyimpanan, Tipe dan Keuntungan

Sistem pada Komputer memiliki 4 komponen utama dari perangkat kerasnya yaitu Central Processing Unit (CPU), Primary Storage / Memori Utama, Secondary Storage / Memori Sekunder, dan Input-output Device. Ke empat komponen itu harus ada untuk menjalankan suatu perangkat komputer agar berjalan dengan baik.
Salah satu perangkat keras yang mengalami perubahan yang sangat pesat adalah terletak pada Media Penyimpanan Data. Peran media penyimpanan data pada perangkat komputer sangat penting, karena mereka yang sedang berjalannya sebuah proses dan menyimpan data dengan aman. Banyak jenis atau macam-macam media penyimpanan data pada komputer salah satu media penyimpanan yang sering kita kenal adalah Hard disk yang biasa dipakai komputer dan Kartu Memori (memory card) yang biasa dipakai pada ponsel.

PENGERTIAN MEDIA PENYIMPANAN DATA

Penyimpanan Data Komputer (Penyimpanan Data Komputer) adalah media yang digunakan dengan fungsi untuk menyimpan berbagai macam data digital yang tersedia pada perangkat komputer dengan waktu tertentu sehingga dapat dibaca dan dibuka kembali untuk berhenti ulang pada perangkat. Untuk saat ini Media penyimpanan Komputer terbagi menjadi 3 kategori, yaitu Media penyimpanan Magnetik (Magnetic Disk), Media Penyimpanan Optik (Optical Disk), dan Media Penyimpanan Awan (Cloud Storage). Dan selanjutnya akan saya bahas ketiga kategori tersebut secara detail, jenis-jenis dan juga contoh dari setiap kategori tersebut.

DATA MACAM-MACAM MEDIA PENYIMPANAN

1. Penyimpanan Magnetik (Disk Magnetik)

Penyimpanan Magnetik merupakan media penyimpanan yang termasuk ke dalam penyimpanan sekuder (penyimpanan sekunder) yang paling banyak dipakai pada sistem komputer modern.
Pengertian dan Macam-macam Media Penyimpanan Data Komputer
Kelebihan dan Kekurangan
  • Kelebihan: Kapasitas penyimpanan pada media ini lebih besar dari media penyimpanan lainnya bahkan sudah mencapai Petabyte dan Kecepatan akses datanya tinggi.
  • Kekurangan: Harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan media penyimpanan lainnya.
Cara Kerjanya: (Hanya beberapa) Pada saat disk digunakan, drive motor berputar dengan kecepatan yang sangat tinggi. Ada sebuah kepala baca − tulis yang ditempatkan di atas permukaan piringan tersebut. Disk permukaan terbagi atas beberapa trek yang masih terbagi lagi menjadi beberapa sektor. Cakram fixed − head memiliki satu head untuk tiap − tiap track, sedangkan cakram moving − head (atau sering dikenal dengan nama cakram keras) memiliki satu head yang harus dipindah − pindahkan untuk mengakses dari satu track ke track yang lainnya.

Macam-macam media dari Magnetik Disk:
DISKET
Pada tahun 1969, floppy disk pertama kali diperkenalkan. Saat itu hanya dapat membaca (hanya-baca), jadi ketika data tidak dapat dapat dibatalkan atau dihapus. Ukurannya 8 inch dan dapat menyimpan data sekitar 80kB. Empat tahun kemudian floppy disk yang sama muncul dan dapat menyimpan data sebanyak 256kB. Selain itu, memiliki kemampuan dapat ditulis kembali (writeable). Perkembangan selanjutnya, pada tahun 1990 lahir disk dengan ukuran 3 inci yang dapat menyimpan data sekitar 250 MB, atau biasa disebut juga Zip disk.

 HARDDISK 

Hard disk adalah jenis disk yang bersifat tetap, tidak perlu dikeluar-suka disket. Terbuat dari bahan logam padu yang berbentuk piringan atau pelat. Sebuah hard disk biasanya terdiri dari satu piringan atau lempengan yang melayani dengan oksida besi. Cara penyimpanan data hampir sama dengan disket disket. Bahan hard disk yang keras dan kapasitas simpannya yang lebih besar, juga perbedaannya dari disket floppy yang bahannya relatif elastis.


FLASHDISK
Flashdisk adalah piranti penyimpan dari jenis floppy drive lain dengan menggunakan jenis interface kabel USB (Universal Serial Bus). Flash drive ini bisa dibaca dan ditulis, sangat praktis dan ringan dengan ukuran 50 x 15 x 6 mm. Bahkan untuk saat ini, ukurannya semakin kecil dengan kapasitas yang jauh lebih besar, hingga mencapai 1 TB.

KARTU MEMORI
Media penyimpanan yang banyak dipakai pada peralatan komputer dan elektronik, seperti kamera digital, laptop, handphone, ipod serta konsol video gam

DRIVE ZIP
Merupakan media penyimpanan magnetik dengan head yang sangat kecil dan dapat menyimpan data hingga 750 MB. Format ini menjadi yang paling populer di antara produk-produk jenis super-floppy tetapi tidak pernah mencapai status standar untuk menggantikan floppy disk 3,5 inci. Kemudian, CD-RW menggantikan posisi disk Zip , dan perekam CD internal dan eksternal Zip-650 atau Zip-CD tersebut dijual dengan merek Zip.

2. Penyimpanan Optik (Disk Optik)

Penyimpanan optik adalah media yang menyimpan data komputer yang dapat ditulis dan dibaca dengan menggunakan laser bertenaga rendah.
Pengertian dan Macam-macam Media Penyimpanan Data Komputer
Kelebihan dan Kekurangan
  • Kelebihan: Beratnya lebih ringan dari beberapa media penyimanan Magnetic Disk.
  • Kekurangan: Kapasitas memorinya lebih kecil dari Magnetic Disk dan Jika tergores maka data resikonya tidak akan terbaca.
Cara Kerjanya: Media penyimpanan berputar dengan sangat kencang (putaran tersebut mempengaruhi kecepatan transfer data) dengan membaca data melalui optik yang berada pada perangkat pembacanya.

Macam-macam media dari Magnetik Disk:
    • CD
    • CD (compact disk) atau laser optical disk merupakan jenis piringan optik yang pertama kali muncul. Pembacaan dan data pada piringan dukungan melalui sinar laser. Oleh karena kecepatan akses piringan optis jauh lebih tinggi pada disket. Di pasaran terdapat tiga macam piringan optik yang berbeda yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan, yaitu CD-ROM, CD-WORM, dan CD-Rewriteable.
    • CD ROM
    • Dewasa ini compact disk (CD) banyak dipakai untuk media penyimpanan data. CD yang dipakai untuk menyimpan data yang sifatnya hanya baca atau hanya dapat dibaca, namanya dikenal dengan CD-ROM. Pada umumnya produk-produk CD-ROM merupakan suatu pangkalan data (database), yang mencakupnya membutuhkan paling sedikit seperangkat komputer pribadi dengan hard disk, CD drive, dan printer bila diperlukan. Data yang disimpan pada CD-ROM dapat berupa teks, grafik, gambar, dll. CD-ROM sesuai untuk menyimpan informasi yang sifatnya statis seperti arsip, kamus, ensiklopedia, dll. Sebagai media penyimpan data, CD-ROM memiliki sejumlah keunggulan.
    • CACING
CD-WORM kepanjangan dari Menulis sekali baca dapat ditulisi melalui komputer. Sesuai dengan namanya, perekaman hanya bissa dilakukan sekali. Sesuda perekaman, isinya tidak dapat diubah. CD ini berguna untuk menyimpan dokumen, rancangan gambar, lagu, dan lain-lain yang cadangan sebagai cadangan. CD ini sering dijual dengan label CD-R atau CD-Recordable.

    • CD-RW (compact disk rewiteable)
Drive CD-RW menggunakan sinar laser merah untuk menulis informasi dari komputer ke merekam disk, baik disk CD-R, yang tidak dapat dihapus, atau disk CD-RW, yang dapat terhapus dan tercatat sekitar 1000 kali.CD-RW drive yang digunakan untuk membuat CD audio, yang dapat diputar di hampir semua pemutar, atau disk data, yang berguna untuk membuat cadangan atau mentransfer file.

 

    • DVD (Disk Video Digital)
    • DVD adalah generasi lanjutan dari penyimpanan dengan menggunakan media optical disc. DVD memiliki kapastias yang jauh lebih besar dari CD-ROM biasa, yaitu mencapai 9 Gbytes. Teknologi DVD ini sekarang banyak dimanfaatkan secara luas oleh perusahaan musik dan film besar, sehingga pelaporan sebagai produk elektronik yang paling diminati dalam kurun waktu 3 tahun sejak diperkenalkan pertama kali. Perkembangan teknologi DVD-ROM pun lebih cepat dibandingkan CD-ROM. 1x DVD-ROM memungkinkan data transfer rata-rata 1,321 MB / s dengan transfer burst rata-rata 12 MB / s.

3. Awan Penyimpanan (Penyimpanan Awan)

Penyimpanan Awan merupakan media yang masih tergolong baru, media ini bersifat online dan tidak menggunakan kapasitas data memori pada perangkat karena mereka menggunakan penyimpanan yang terdapat pada Internet .
Pengertian dan Macam-macam Media Penyimpanan Data Komputer
Kelebihan dan Kekurangan
  • Kelebihan : Tidak memerlukan perangkan untuk menyimpan data.
  • Kekurangan : Sering terjadi kesalahan pada Server dengan data risiko akan hilang dan juga dikenakan akses koneksi data.
Cara Kerjanya: Untuk dapat menyimpan data pada media ini kita diharuskan untuk mengunggah file tersebut dan untuk mengambil data kita harus mengunduh file tersebut.
Refrensi: http://www.levatra.com/2016/05/pengertian-macam-media-penyimpanan-data.html

C. Pratikum Crontab, Tar dan Cpio di Linux













Penulis : Amini Dwi Puspita Sari
Sumber : http://blog.unnes.ac.id/sutrisno/2017/02/10/pengertian-dan-macam-macam-media-penyimpanan-data-komputer/
http://mytyraa.blogspot.com/2017/01/backup-dan-restore-pada-centos.html
Institut Teknologi PLN

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Apa itu Machine Learning ? beserta Pengertian dan Cara Kerjanya.

SUPERVISED LEARNING VS UNSUPERVISED LEARNING

UNSUPERVISED LEARNING : CARA KERJA K-means Clustering